Monday 16 November 2009

Tentang Menunda pekerjaan & berusaha sabar

Hari ini ada dua hal yang menjadi pembelajaran bagi saya:


Pertama: Jangan dibiasakan menunda-nunda suatu pekerjaan dan menganggap enteng suatu pekerjaan atau masalah.

Hal ini saya rasakan sekali, waktu pagi-pagi saya sudah di sms dengan bos besar saya yang lagi meeting di luar kota, isinya mengingatkan pekerjaan yang memang seharusnya saya laksanakan dari kemarin-kemarin, bahkan waktu jumat seharusnya bisa saya kerjakan, tapi karena saya menganggap enteng masalah itu saya pikir bisa ditunda sampe senen pagi, tapi ternyata dari sabtu malam bos saya  sms dan minggu paginya dia telpon konfirmasi terus menanyakan hal itu dan akhirnya dengan perasaan sangat tidak enak saya bilang baru senin pagi di laksanakan.  Akibatnya bos saya yang biasanya ok-ok aja, ini dari nada bicaranya terlihat agak emosi. Sampai senin pagi dia sms lagi mengingatkan saya. Saya jadi gak enak banget sama bos saya, akhirnya mood saya pun jadi terganggu, sepanjang jalan ke kantor saya kepikiran dan gak konsentrasi. Walaupun sampai kantor masalah itu tidak lama bisa saya atasi, tapi kejadian ini membuat saya berpikir bahwa memang sangat lah tidak baik menunda-nunda suatu pekerjaan atau masalah, karena resiko yang di hadapi dari menunda pekerjaan ternyata bisa sangat tidak mengenakkan.  Pfuuuuuuuiiiihh...kapok deh nunda-nunda pekerjaan lagi..jadi inget lagi sama tagline di buku dongeng saya waktu masih kecil dulu: 
Kerjakan apa yang bisa kamu kerjakan hari ini, Jangan tunda sampai hari esok.


Hal kedua: Ternyata susah banget untuk mencoba menahan emosi dan bersikap sabar

Tadi pagi sebelum pergi kerja, saya ngajarin Diva belajar bahasa Inggris, dan ternyata dia sering lupa materi yang lama-lama, saya udah nahan-nahan emosi supaya gak marah. Tapi akhirnya pecah juga, saya sempet nyubit dan bentak dia. Diva nangis, saya langsung merasa menyesal..ah dia kan cuma anak kecil yang wajar jika lupa pelajarannya, karena saya juga yang gak rajin ngajak dia ngulang-ngulang pelajarannya. Sepanjang jalan ke kantor perasaan nyesel saya masih kerasa. Komplit sudah lah bad mood hari ini...
Akhirnya sampe kantor saya sms dan telpon Diva buat minta maaf...untungnya Diva termasuk anak yang gampang hilang kesel nya, jadi gak berapa lama dia udah bersikap biasa lagi.


Selesai urusan dengan Diva, muncul lagi sesuatu hal yang bikin saya kesel, marah, dan kecewa. Someone has made me feel so jelous. And the reason in the same thing that often make us clash, it happen again and again..memang penyebabnya remeh sih, gara-gara facebook. Huuuh sebenernya saya feel stupid kalo ribut gara-gara soal ini, tapi entah kenapa karena sesuatu hal yang ada di wall someone itu bikin saya emosi banget. Akhirnya saya ributin soal ini. Dan saya kasih ultimatum, supaya gak ada lagi kejadian ribut gara-gara soal ini.
Dia janji gak akan kejadian lagi..so just wait and see the truth of his  promise...


Yang jadi point nya teori memang mudah di ucapkan..tapi practically susah banget. Contoh adalah soal menunda pekerjaan, kadang-kadang  kalau  kita merasa masih punya tenggang waktu , kita merasa gak perlu terburu-buru menyelesaikan suatu pekerjaan dan masalah, akhirnya jika sudah mendekati due date ataupun masalah menjadi runyam baru deh menyesal kenapa gak dari kemarin-kemarin di selesaikan..


Kemudian soal menahan emosi, kadang jika sudah meledak emosi baru kita merasa puas. Padahal belum tentu dengan meledakkan emosi itu bisa bikin perasaan jadi lebih baik dan menyelesaikan masalah. Yang ada malah perasaan menyesal dan masalah yang berlarut-larut. Saya akui saya masih kurang dalam menghandle semua ini. Tapi kedepannya saya berjanji akan berusaha menjadi lebih baik lagi.


I will try...really...

No comments:

Post a Comment

Dont be hesitate to give any comment on my posting...